Minggu, 05 Juni 2011

So Pasti! Puasa, Menyehatkan!

So Pasti! Puasa, Menyehatkan!
Oleh: Doso Winarno
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Boleh percaya - boleh tidak, So Pasti !
Berpuasa ala Muslimin, pasti menyehatkan jiwa dan raga! Menyehatkan, apabila puasa dilakukan secara benar sesuai aturannya.
Puasa juga telah disyariatkan dalam semua agama seperti Nasrani dan Yahudi. Malahan agama Hindu dan Buddha mengamalkan puasa di dalam cara hidup mereka.
"Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa" (QS Al-Baqarah : 183 ). Berpuasa, Menyehatkan, dikarenakan waktu yang tepat untuk melatih rohaniah dan jasmaniah secara intens. Biarpun, hanya menahan diri dari makan dan minum, menahan nafsu sejak fajar hingga magrib, dengan niat mencari ridha Allah.

Rahasia Puasa Menyehatkan?
Jelas saja.... Yang tadinya makan, minum, merokok tidak terkendali, menjadi dikendalikan!. Sebelumnya penuh hawa nafsu, menjadi mengurangi hawa nafsu; tadinya kebiasaan ibadah tidak beraturan menjadi beraturan lagi tertib!. Berpuasa membentuk kesabaran, tidak emosional, berkurang dengki dan iri hati. Banyak tidur siang, karena beribadah, tidak banyak cakap yang tak berguna tentunya, sehingga energi dan kalori tubuh dihemat!.
Tujuan utama berpuasa untuk mencapai ketaqwaan atau ”La'allakum tattaqun”, berpuasa juga ”menyehatkan tubuh!”. Ini sejajar dengan apa yang telah disyariatkan oleh Allah SWT, bahwa puasa merupakan ibadah yang amat baik untuk kesehatan fisikal maupun mental, rohani dan juga jasmani. ’Diet’ yang terbaik ialah dengan cara berpuasa secara konsisten. Efek berpuasa, dapat mengurangi stress fisiologis (kelemahan) dan stress psikologis (pikiran/kejiwaan). Bahkan kini, puasa sunnah dipergunakan untuk kesehatan (therapeutic fasting).
Padahal jika puasa dilakukan secara kontinu, khusuk dan ikhlas, secara medis dapat menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imonologi) khususnya pada imunoglobin dan limfosit yang berupa persepsi dan motivasi positif, serta dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah atau stress yang dihadapi.
Mereka yang rajin dan ikhlas berpuasa wajib Ramadhan dan sunnah, memiliki ketahanan tubuh dan kemampuan individual untuk menanggulangi masalah yang dihadapi dengan stabil. "Jadi berpuasa selain bernilai ibadah, juga sekaligus sarat dengan muatan psikologis yang dapat mempengaruhi kontrol kognisi.
Berpuasa menyehatkan, karena memperbaiki persepsi dan motivasi positif dan coping yang efektif, emosi yang positif dapat menghindarkan seseorang dari stress". Orang stress itu biasanya rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. Dengan berpuasa yang dilakukan secara rutin dan disertai perasaan ikhlas serta tidak terpaksa, seseorang akan memiliki respons imun yang baik, kemungkinan besar dapat terhindar dari penyakit infeksi dan kanker.
Puasa, mengurangi jumlah dan frekwensi makan, menyebabkan liver lebih aktif dan leluasa melakukan pembersihan atau pembuangan racun (dektosifikasi) dari dalam tubuh. Racun yang berkurang dari dalam tubuh, akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan sel dalam tubuh, sehingga sel dapat memperbaiki diri dan meningkatkan fungsinya secara optimal.

Bagaimana Puasa Mempengaruhi Kesehatan?
Ketika berpuasa, kita mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan secara terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa, organ vital usus kita dapat beristirahat selama 14 jam, lumayan to!.
Puasa, menyehatkan, karena mengistirahatkan organ pencernaan termasuk lambung, usus, empedu dan liver!.
Liver sebagai organ pencernaan beraktifitas metabolisme paling tinggi, selain berfungsi sebagai gudang penyimpanan dan distributor zat makanan yang diperlukan sel tubuh, liver juga mengendalikan keluar masuknya racun.
Berkurangnya kalori saat berpuasa, liver mengubah glikogen atau cadangan energi dari karbohidrat yang disimpan oleh hati menjadi glukosa dan energi. Jumlah glikogen yang berkurang saat berpuasa, eksesnya digunakan protein dalam otot sebagai penghasil glukosa dan energi dengan cara mengubah protein menjadi asam amino. Pengguaan asam lemak paling akhir setelah energi dari protein mulai menipis. Protein dan lemak diubah dahulu menjadi ’keton’ sebelum energi dipergunakan oleh otak kita!.
Penghematan energi ketika berpuasa, tubuh secara reflek mempertahankan diri dengan melakukan pengurangan beban, yaitu mulai melakukan pengurasan zat bersifat racun bahkan yang sudah jauh merasuk ke dalam sel tubuh yang telah menderita sakit, pengurasan ampas metabolisme seperti timbunan lemak, sel aus, jaringan yang rusak, sel tumor dan berbagai bentuk jaringan abnormal lainnya dengan mengaktifkan organ pembuangan. Proses ini disebut ’otolisasi’, dimana tubuh menstimulasi dan mempercepat pertumbuhan sel baru pada saat protein yang diperlukan di-sintesa ulang dari sel yang sudah aus. Dengan demikian puasa kita, menstabilkan kadar protein dalam darah menjadi tetap konstan dan normal.
Racun dan ampas metabolisme yang tidak dapat direcycle dibuang oleh organ pembuangan. Selama proses pembuangan racun, so pasti terlihat pada warna urine yang lebih keruh, pengeluaran mukus atau lendir ingus melalui hidung, dahak melalui tenggorokan dan kotoran melalui usus besar.
Berkurangnya racun dalam tubuh orang berpuasa, dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh, sehingga sel bisa memperbaiki diri serta ketahanan tubuh meningkat!!
Penyempitan pembuluh darah pada punggung, dapat berakibat ambien, penyempitan pembuluh darah pada tengkuk dapat berakibat pasokan darah ke otak sangat berkurang, sehingga stroke! Orang mengalami stroke, karena kekurangan oksigen dalam otaknya! Penderita stroke yang tertolong biasanya kehilangan kemampuan kerja dalam taraf berbeda. Jenis stroke lain adalah pendarahan otak, terutama karena tekanan darah tinggi yang berakibat pembuluh darah nadi kecil membentuk tumor pembuluh nadi dan pecah berdarah!
Stroke sering diawali gejala pening kepala, pandangan mendadak gelap, sulit berbicara, lengan dan kaki sering kesemutan. Apabila bergejala stroke, berpuasalah! terutama bagi pengidap tekanan darah tinggi, penyakit kencing manis, penyakit jantung, lemak dan kegemukan, Insya Allah mendapat kesembuhan!

Bagaimana Berpuasa, Menyehatkan?
Berbuka lebih awal dan sahur lebih akhir disertai banyak minum air putih (30 s.d 50 cc x berat badan), dengan menu makanan yang seimbang dan bergizi merupakan kunci puasa yang menyehatkan!
Sebaiknya, kita berbuka puasa dengan makanan yang mudah dicerna. Makanan tersebut, terutama berasal dari jenis karbohidrat dengan jumlah secukupnya. Saat berbuka puasa, sebaiknya makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak, kenapa?
Makan terlalu banyak saat berbuka akan membuat lambung kekenyangan, berpengaruh tidak nyaman untuk sholat Magrib. Kekenyangan saat berbuka puasa sangat tidak baik bagi penderita sakit maag, dan bagi penderita diabetes mengganggu stabilitas kadar gula darah.
Sakit maag, mempunyai gejala rasa sakit di ulu hati disertai rasa mual, kembung, cepat kenyang dan kurang nafsu makan. Apabila penderita maag, sudah mengalami kelainan secara anatomis, misal luka dalam pada lambung dan usus dua belas jari, polip pada kerongkongan serta lambung, serta kanker pada organ pencernaan, maka perlu berhati-hati dalam cara makan saat menjalani ibadah puasa. Pengindap penyakit maag organik yang sudah parah, apabila berpuasa akan memperberat kondisi sakit jika tidak diobati dengan tepat, karena tidak cukup diobati saat sahur dan berbuka dengan obat anti asam lambung, seperti penghambat reseptor, H2 antara lain rantidine, famotidine, nizatidine saja. Pada kelainan penderita maag tukak lambung atau usus dua belas jari akut, keadaannya cenderung terjadi pendarahan atau kanker lambung, sebaiknya diberi pengobatan secara khusus terlebih dahulu.
HyperthyroidismPenyakit saya, adalah hyphothyroidism disebabkan oleh thyroid adenoma sepertinya hanya kelebihan garam yodium, tapi sebenarnya juga termasuk kanker menurut medis. Penyebab hyperthyroid ialah makan tidak teratur, makanan tidak sehat seperti MSG, pengawet yang berpotensi mempercepat pertumbuhan kelenjar, juga karena rokok dan kelelahan fisik serta psikis. Hyperhyroid menjadikan berat badan turun drastis, badan gemetar tremor, keringat selalu keluar, sering buang air besar dan kecil dikarenakan pembakaran tubuh (metabolisme) yang sangat tinggi. Berpuasa memberikan keteraturan makan, dan pengurangan stress bagi penderita thyroid.
Gejala klinis sakit maag, timbul karena kebiasaan makan tidak teratur, makan camilan yang berminyak, dan minum minuman ringan bersoda.

Makanan Puasa, Menyehatkan?
Junkfood adalah makanan yang berpotensi membentuk racun dalam tubuh. Semua makanan yang diproses tidak benar, sebenarnya sudah termasuk makanan junkfood (makanan sampah), karena sebagian besar zat gizinya habis atau rusak. Makanan kalengan, makanan instan, daging olahan, bahkan makanan rumah yang berulangkali dipanaskan termasuk makanan junkfood. Makanan baik tetapi dalam proses pencernaan tidak tercerna sempurna, juga akan menjadi junkfood di dalam tubuh.
Setiap makan diproses dahulu oleh enzim dalam kelenjar ludah mulut. Semakin lama kita mengunyah, produksi air liur meningkat, sehingga makanan lebih mudah ditelan. Enzim ikut bersama air liur, sehingga lebih lama mengunyah enzim mulut bekerja lebih aktif.
Setiap makanan akan bersentuhan dengan asam lambung. Enzim dan asam lambung keluar dari dinding lambung secara pelan. Itulah sebabnya makan dan minum tidak boleh terburu-buru dan kekenyangan. Asam lambung juga berfungsi mematikan bakteri yang lolos ke dalam perut, dan membawa enzim untuk mencerna protein.
Protein yang tidak terkena asam lambung tidak tercerna sempurna. Karbohidrat tidak dicerna di lambung, tetapi tetap perlu asam lambung untuk menstabilkan gula pada karbohidrat supaya tidak terpermentasi selama pencernaan protein berlangsung.
Hati dan empedu kita berguna untuk menetralisir racun di tubuh, Empedu menetralisir lemak yang kita asup ke dalam tubuh. Keduanya saling berkaitan... kalau ke dua2nya bersih...berarti kita telah menyehatkan tubuh kita agar normal fungsi keduanya.
Dalam kantung empedu hampir semua dari kita mengandung batu empedu. Perbedaannya hanya dalam ukuran dan jumlah saja.. Gejala adanya batu empedu biasanya adalah perasaan penuh di perut sehabis makan. Rasanya kurang tuntas mencernakan makanan. Dalam kondisi parah ada tambahan rasa nyeri pada ginjal!.
Kanker sendiri tidak pernah muncul sebagai penyakit pertama, umumnya ada penyakit lain yang mendahuluinya.

Gula adalah umpan kanker
Dengan mengurangi gula, berarti juga mengurangi suplai makanan penting bagi sel kanker. Pengganti gula seperti NutraSweet, Equal, Spoonful, dll dibuat dengan aspartam dan itu berbahaya. Pengganti alami yang lebih baik dapat berupa madu atau tetes tebu tetapi dalam jumlah yang amat sedikit. Garam meja mempunyai tambahan kimia untuk membuat warnanya putih. Alternatif yang lebih baik adalah dengan garam laut.
Susu membuat tubuh memproduksi mucus, terutama di organ bagian dalam. Kanker diumpan oleh mucus. Dengan mengurangi susu dan menggantikan dengan susu kedelai tawar sel kanker akan kelaparan.
Sel kanker tumbuh dengan subur di lingkungan asam. Diet anti daging adalah bersifat asam, yang terbaik adalah memakan ikan dan ayam daripada daging sapi atau babi. Daging juga mengandung antibiotik ternak yang menumbuhkan hormon dan parasit yang berbahaya, terutama bagi penderita kanker.

Diet dengan 80% sayur dan buah segar, biji-bijian dan kacang-kacangan membantu tubuh dalam lingkungan alkalin. 20%nya bisa diperoleh dari makanan matang termasuk kacang. Sayur segar menyediakan enzim hidup yang mudah diserap dalam 15 menit untuk memelihara dan meningkatkan pertumbuhan sel sehat. Untuk memperoleh enzim hidup untuk membangun sel sehat, cobalah minum jus sayur segar (semua sayuran termasuk kacang2an) dan makan sayuran mentah 2 atau 3 kali sehari. Enzim rusak pada temperature 104 derajat Farenheit atau 40 derajat Celcius.

Hindari kopi, teh, dan coklat yang mempunyai kafein tinggi. Teh hijau adalah alternative terbaik yang mempunyai sel penumpas kanker. Yang terbaik meminum air bersih atau air yang telah disaring untuk menghindari racun dan logam berat dalam air ledeng.





Yogyakarta, 20 September 2007
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarahkatuh,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar