Senin, 29 September 2014

Cipta Rasa Karsa

Bismillahirrahmanirrahim بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم .
Assalamu'alaikum Wr Wb,
Adalah Anugerah, untuknya manusia sebagai mahluk mulia ciptaan-Nya diberi kemampuan 'cipta-rasa-karsa' untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari yang diwujudkan dalam kata dan karya, ucapan dan perbuatan. Berbekal pengetahuan dan ketrampilan yang mendalam dihayatilah olah 'cipta' adalah ' rasa' dan 'rasa sejati' sebagai
modal mengarungi kehidupan yang penuh tantangan dan ujian di dunia.
ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ السَّيِّئَةَ ۚ نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَصِفُونَ
Tolaklah perbuatan buruk mereka dengan yang lebih baik. Kami lebih mengetahui apa yang mereka sifatkan.
QS:Al-Mu'minuun | Ayat: 96
Cipta' pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup atau alam semesta
menghasilkan nilai yang disebut sebagai pengetahuan. Cipta merangsang manusia menemukan hal baru bagi kehidupannya.
'Rasa' sense manusia tentang estetika (keindahan). Rasa mendorong manusia untuk meramu kehidupannya dengan keindahan bentuk dan rupa. Menghasilkan nilai yang disebut seni.
'Karsa' pemahaman 'kawruh sangkan paran'. Kita perlu memahami dari mana' kita lahir (sangkan), dan kemana kita manusia akan mati (paran). 'Karsa' menghasilkan nilai norma dan agama (kepercayaan).
Kemampuan manusia dalam mengolah cipta, rasa, karsa telah menghasilkan peradaban.
Kekayaan Indonesia jelas sumberdaya alamnya, tapi sebenarnya kekayaan yang sesungguhnya ialah rakyatnya. Untuk menciptakan lingkungan yang memberdayakan manusia untuk dapat menikmati hidup yang panjang, sehat dan kehidupan yang 'kreatif'. Kebenaran yang sederhana, tetapi sangat kuat ini, terlalu sering dilupakan dalam usaha untuk mengejar kekayaan materi dan finasial.
Banyak riwayat Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan dan mendorong seorang hamba untuk berdoa, diantaranya :“Mintalah kepada Allah akan kemurahanNya, karena sesungguhnya Allah senang apabila dimintai (sesuatu).” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud).
Cara menggunakan cipta, rasa dan karsa adalah saat sedang berdoa
Doa adalah permohonan hamba kepada Tuhan. Hadits Rasulullah SAW . mengungkapkan: “Doa adalah pangkal (otak)nya Ibadah” dan “Masing-masing kalian harus meminta kepada Tuhan kalian atas semua kebutuhan. Bahkan ia harus meminta kepada Allah saat tali sandalnya putus,” (HR. Tirmidzi).
Jelaslah sumber daya manusia adalah sumberdaya paling utama. Keberhasilan pembangunan ditentukan kualitas dan komitmen manusianya, dan komitmenya untuk melaksanakan amanah yang tidak dikhianati sendiri. Karena itu, pembangunan manusia, etika, moral, agama beserta pendidikannya perlu diberi prioritas utama.
بَلْ نَقْذِفُ بِالْحَقِّ عَلَى الْبَاطِلِ فَيَدْمَغُهُ فَإِذَا هُوَ زَاهِقٌ ۚ وَلَكُمُ الْوَيْلُ مِمَّا تَصِفُونَ
Sebenarya Kami melontarkan yang hak kepada yang batil lalu yang hak itu menghancurkannya, maka dengan serta merta yang batil itu lenyap. Dan kecelakaanlah bagimu disebabkan kamu mensifati (Allah dengan sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya).
QS:Al-Anbiyaa | Ayat: 18

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar