Senin, 08 September 2014

Puasa sunnah Ayyaamul Bidl.

Assalamualaikum, 

Ya Allah, Ya Rabbalalamin limpahkan kepada para ayahanda, ibunda, sahabat, saudara, sahabat, iparku, suami/isteri dan ananda, keponakan: Kesehatan hati dan diri, kemudahan dalam beribadah dan berusaha, keluasan rezeki dan berbagi, keindahan cinta dan bahagia di dunia serta di akhirat nantinya. Ditambahkan.
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُا
Ya Allah, muliakanlah yaa اَللّهُ serta ridhoilah keluarga kami semua yang saling menguatkan dan mengingatkan dlm kebaikan dan jauhkanlah keluarga kami semuanya dari adzabMU serta terimalah taubat kami.
Selamat berpuasa sunnah di Senin Mubaraq.
Niatnya, puasa sunnah Ayyaamul Bidl.
Disunnahkan puasa tiga hari setiap bulan, yaitu setiap tanggal 13, 14 dan 15 bulan-bulan Hijriyyah.
Namanya puasa Ayyaamul Bidl atau hari-hari terang ketika Bulan Purnama.
Bulan ini (Dzulqo'dah) bertepatan dengan hari Senin, Selasa dan Rabu tanggal 8, 9 dan 10 September 2014
Keutamaannya banyak, diantaranya sebagai bekal akhirat, seperti puasa sebulan (kalau dikerjakan rutin setiap bulan, seperti puasa setahun) dan baik untuk kesehatan..
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam berwasiat kepada tiga orang Sahabat Beliau supaya puasa tiga hari setiap bulan, yaitu; Abu Hurairah, Abu Darda' dan Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhum.
[HR. Bukhari, Muslim, dll]
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhuma,
"Dan berpuasalah tiga hari pada setiap bulan. Karena sesungguhnya kebaikan itu akan (dilipatkan) dengan sepuluh (kali) lipat. Oleh karenanya engkau seolah-olah berpuasa selama sebulan penuh.”
[HR. Bukhari dan Muslim]
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu tentang pelaksanaannya:
“Wahai Abu Dzar, jika engkau berpuasa tiga hari dalam setiap bulannya maka berpuasalah pada (tanggal) 13, 14 dan 15 (maksudnya bulan hijriyyah).”
[HR. Tirmidzi dg sanad hasan]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar