Senin, 02 Mei 2016

Menghafal dan Mencintai Alquran

Mahasiswa Ini Beberkan Rahasia Bagaimana Menghafal 30 Juz Al Qur’an Dalam 4 Bulan

Keinginan masyarakat muslim sekarang ini untuk bisa menghafal Al Qur’an tengah ramai-ramainya. Mereka pun sibuk mencari tahu dari berbagai sumber bagaimana cara menghafal Al Qur’an yang benar sehingga mudah diingat dan tidak lupa lagi.

Salah satu yang membuat ketertarikan masyarakat untuk kembali menghafal pedoman hidup umat islam saat ini adalah adanya Hafidz Cilik yang telah berhasil menjadi juara ketiga lomba Hafidz Internasional. Selain bisa membuat bangga orang tua, tentu dengan memiliki kemampuan menghafal Qur’an menjadi ladang pahala yang tiada habisnya.

Selain Hafidz Cilik bernama Musa, ternyata ada seorang mahasiswa University of Jordan yang berhasil menghafal Al Qur’an 30 juz hanya dalam waktu 4 bulan saja. Itu juga ia lakukan di tengah kesibukannya mendalami ilmu perkuliahan.

Pemuda 22 tahun asal Singapura jurusan Islamic Theology ini ternyata memiliki tips atau rahasia bagaimana ia bisa menghafal keseluruhan Al Qur’an dengan begitu cepat. Ia pun tak segan membagi ilmu yang didapatnya kepada masyarakat yang ingin benar-benar menghidupkan Al Qur’an dalam hati dan pikirannya.

Berikut adalah tips menghafal Quran dari Hafidz Qur’an bernama Fadhil Azman tersebut.

1. Memurnikan Niat

Fadhil sebelum kuliah memang telah mampu menghafal 9 juz hasil ia belajar sejak SD hingga SMA dan ia pun melanjutkan hafalan sisanya ketika kuliah. Yang menjadi keberhasilannya adalah niat yang murni karena mengharap rahmat Allah dan surgaNya. Ia tidak sedikit pun memiliki niat untuk dipuji teman, keluarga atau oleh yang lainnya.

2. Mulai Saat Ini

Salah satu yang menghambat keberhasilan dalam hal apapun adalah sifat menunda-nunda. Mulailah saat ini juga dengan membayangkan manfaat yang bisa didapat jika melakukannya seperti pahala dan berbagai kebaikan lainnya. Gunakan momentum setelah selesai shalat untuk menghafal Al Qur’an dengan lebih baik.

3. Gunakan Mushaf Al Qur’an Yang Sama

Mata menjadi jalan pertama seseorang bisa membaca dan menghafalkan Al Qur’an. Dengan menggunakan mushaf yang sama, maka kita akan teringat letak huruf, jumlah ayat perlembar maupun harakatnya dengan jelas. Hal itu merupakan saran dari gurunya sendiri dan memang terbukti.

4. Banyak Mendengarkan Bacaan Al Qur’an

Jika ingin benar-benar total bisa menghafal Al Qur’an, maka segera hilangkan koleksi lagu yang ada di ponsel ataupun di media audio kita. Isi dengan ayat-ayat Al Qur’an sehingga telinga menjadi lebih familiar dengan ayat-ayat Al Qur’an.

Dengarkan sejenak ayat Al Qur’an dengan audio dan ketika melakukan pekerjaan yang lain, kita bisa sekalian menghafalnya.

5. Mengulang Dan Membagi Halaman Untuk Dasar Menghafal

Baca terlebih dahulu satu lembar halaman secara keseluruhan, kemudian bagi menjadi dua atau tiga bagian sesuai kemampuan. Hafalkan bagian halaman yang pertama hingga benar-benar kuat dalam ingatan. Setelah itu baru dilanjutkan ke bagian yang kedua dan seterusnya.

6. Memahami Isi Bacaan

Bagi orang yang baru mengenal huruf-huruf Al Qur’an memang cukup dirasa sulit menghafal satu halaman saja. Karenanya diperlukan pemahaman tentang isi dari bacaan tersebut. Sehingga kita mengetahui alur kisah dalam ayat yang kita hafalkan.

Bisa dikatakan dengan memahami artinya, kita telah setengah menghafal Al Qur’an.

7. Mulai Secara Perlahan

Banyak yang ingin segera bisa menghafal Al Quran satu lembar atau satu halaman. Hal itu salah besar jika kemampuan kita belum terasah. Lakukanlah secara perlahan-lahan seperti menghafal satu ayat perhari ataupun beberapa ayat dahulu hingga kuat dalam ingatan.

8. Jangan Menyerah

Untuk bisa mahir memang akan selalu
ada kesulitan yang menghadang seperti rasa malas ataupun putus asa. Karenanya kita diharuskan untuk tetap semangat dan jangan menyerah. Meski sulit, lakukanlah terus hingga kesulitan itu akhirnya roboh.

9. Berteman Dengan Penghafal Juga

Untuk semakin termotivasi, bertemanlah dengan hafidz lainnya sehingga kita bisa saling setor hafalan dan mampu saling merevisi.

10. Membuat Rencana

Rencana disini maksudnya mau berapa halaman atau berapa ayat yang ingin kita hafalkan dalam satu hari. Cobalah sedikit dahulu. Jika teryata ayat di dalamnya mudah dihafal, maka bisa ditambahkan ayat atau halamannya perhari.

Terkadang memang ada ayat-ayat yang begitu familiar dan ada ayat yang tidak pernah terdengar sekalipun. Maka sangat wajar jika menghafal setiap halaman Al Qur’an membutuhkan waktu yang berbeda.

11. Waktu Terbaik

Menghafal agar lebih cepat juga harus memperhatikan waktu. Cara yang dianjurkan adalah menghafal setelah shalat subuh atau fajar agar otak masih dalam keadaan segar. Al Qur’an pun akan lebih mudah untuk dihafal.

Selain subuh, waktu malam antara magrib dan isya pun cocok pula untuk menghafal Quran.

12. Jadilah Produktif

Terkadang seseorang menghafalkan Al Qur’an membutuhkan tempat yang sepi dan menyendiri. Jika seperti itu maka cukup sulit untuk mengulang hasil hafalan. Karenanya hafalkan atau ulangi hafalan Al Qur’an di segala aktivitas kita seperti di dalam bus, ketika jalan atau aktivitas fisik lainnya.

13. Selalu Bawa Al Qur’an Kemanapun

Dengan membawanya, kita akan selalu diingatkan untuk terus menghafal dan menghafal.

14. Jaga Mata Dan Telinga

Hafalan Qur’an bisa hilang ataupun sulit dihafal ketika mata digunakan pula untuk melihat aurat orang lain ataupun menggunakan telinga untuk mendengarkan ghibah. Karenanya salah satu cara agar mudah menghafal Al Qur’an adalah dengan menjaga mata, telinga dan indra lainnya dari perbuatan dosa.

15. Senantiasa Bertaubat

Isilah hari-hari dengan beristighfar sebanyak mungkin karena dosa yang ada pada diri bisa menghalangi kemampuan untuk menghafal kalamullah.

16. Miliki Seseorang Yang Mau Mendengarkan Hafalan Kita

Carilah seseorang, baik dari keluarga ataupun sahabat yang sukarela mendengarkan dan merevisi hafalan kita hingga kesalahan yang terkecil sekalipun.

17. Muraja’ah Atau Mengulang

Muraja’ah menjadi sangat penting karena ketika hari ini kita bisa menghafal ayat tersebut, bisa saja keesokannya lupa karena menghafal ayat baru lainnya.

18. Makan Kismis Dan Madu

Madu dan kismis dipercaya mampu memaksimalkan memori sehingga dapat menghafal Al Qur’an lebih cepat.

19. Shalat Malam

Lakukan shalat malam meski hanya dua rakaat. Setelah itu berdoalah karena saat itu merupakan saat Allah mengijabah doa hambaNya.

20. Berdoa

Meski telah melakukan segala ikhtiar, namun tidak dibarengi dengan doa, berarti telah meniadakan peran Allah. Karenanya kita harus sadar bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan selalu meminta pertolongan Allah, termasuk dalam menghafal Al Quran.

21. Mendoakan Orang Lain

Doa yang dipanjatkan tak hanya untuk diri sendiri saja, melainkan berdoa juga untuk orang lain.

“Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya mudah diterima, satu malaikat diutus untuk menyertainya dan setiap kali ia berdoa untuk kemanfaatan saudaranya, maka malaikat pun akan mengaminkan untuk kita juga.” (HR Muslim)

22. Minta Orang Tua Agar Mendoakan

Rahasia yang terakhir adalah meminta orang tua untuk mendoakan karena doa orang tua dekat akan diijabahnya.

“Rasulullah bersabda, “Tiga permohonan yang tidak akan ditolak oleh Allah: Doa orang tua untuk anaknya, orang yang berpuasa dan musafir.” (HR Baihaqi, Tirmidzi)

Demikian 22 rahasia yang dibeberkan oleh Fadhil Azman yang mampu menghafal Al Qur’an secara utuh dalam jangka waktu 4 bulan. Semoga kita semua bisa melaksanakan ilmu yang dibagikan olehnya. Aamiin.. [kabarmakkah]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar