Minggu, 17 Agustus 2014

Setiap tuduhan harus dibarengi dengan adanya saksi

Assalamualaikum wr wb,
Saudara seiman, lebih baik tidaklah mudah percaya berita buruk sebelum diselidiki (tidak melakukan tindakan praduga tak bersalah). Selalu takut dan ingat akan peringatan-Nya yg tersirat!
"Hai orang2 yg beriman, jika seorang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka periksalah dg teliti, supaya kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yg menyebabkan kamu menyesal atas apa yg telah kamu kerjakan". QS: AL-Hujurat/49.6.
Sebaiknya tidak mengikuti apa yang tidak engkau ketahui (meskipun ada unsur kebebasan berpikir).
Sebaiknya tidak juga mengikuti apa yang tidak kamu ketahui! Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, akan ditanya tentang hal itu.Qs: Bani Isra'il/17.36.
Demikian juga setiap tuduhan harus dibarengi dengan adanya saksi-saksi. Agar supaya tidak menjadi fitnah, lebih baik ditangkal, Subhanallah?

"Sesungguhnya orang2 yg membawa fitnah itu adalah dari golonganmu jua. Janganlah kamu menyangka (fitnah) itu kejahatan bagimu. Setiap orang dari mereka akan mendapat (ganjaran atas) dosa yg telah ia kerjakan, sedangkan orang yg berandil besar (dalam penyiaran berita fitnah itu) dari antara mereka baginya azab yg besar, (berita fitnah itu) dari antara mereka baginya azab yg besar".QS:An-Nur/24.11.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar