Selasa, 30 September 2014

Peningkatan penggunaan sumber energi alternatif dapat menciptakan lapangan kerja baru supaya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Bismillahirrahmanirrahim بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم .
Assalamu'alaikum Wr Wb,
Gas Elpiji naik.........?
Saatnya berpikir kreatif?.
"Bukankah peningkatan penggunaan sumber energi alternatif dapat menciptakan lapangan kerja baru supaya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi?".
Apabila ekonomi energi surya dapat diperbaiki, sehingga harganya dapat bersaing dengan listrik biasa, energi surya sangat sesuai untuk mendukung energi rumah tangga sebagai pengganti BBM dan Gas Elpiji, untuk pengembangan pariwisata, untuk mengeringkan hasil produksi pertanian, dapat untuk energi mengairi sawah dan perkebunan, perikanan, peternakan, pemanasan air, memasak dan membangkitkan listrik.
Rahasia dan kebesaran Sang Pencipta ditunjukkan dengan ciptaannya planet matahari sebagai bola gas (api) yang sangat panas. Suhu Matahari di permukaannya 6 ribu derajat. Suhu Matahari di pusatnya 15 juta derajat sehingga terjadi reaksi fusi yang menghasilkan cahaya. Cahaya matahari, matahari yang bercahaya dan rembulan bersinar karena pantulan, sehingga cahaya matahari yang berenergi dan telah disebutkan dalam firman-Nya.

تَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَطْلِعَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَطْلُعُ عَلَىٰ قَوْمٍ لَمْ نَجْعَلْ لَهُمْ مِنْ دُونِهَا سِتْرًا
Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari itu,
QS18:Al-Kahfi | Ayat: 90
Sumber energi alternatif akan membatasi konsumsi sumber energi tak terbarukan seperti minyak bumi dan batubara, serta yang paling penting, mengurangi pencemaran lingkungan dan efek negatif pada sumber daya alam.
Dalam alam semesta ada milyaran galaksi. Salah satu galaksi itu adalah galaksi Milky Way. Dalam galaksi ada milyaran bintang. Salah satu bintang dalam Milky Way adalah "Matahari" yang 'bercahaya' sangat kuat.

تَبَارَكَ الَّذِي جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَجَعَلَ فِيهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيرًا
Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya.
QS25:Al-Furqaan | Ayat: 61
Solusi yang digunakan untuk mengatasi keterbatasan energi tak terbarukan ini adalah dengan memanfaatkan energi matahari. Pemancaran sinar matahari ke planet bumi jauh lebih besar dibandingkan dengan ketersediaan energi tak terbarukan ini.
Cahaya Matahari yang merupakan pancaran gelombang elektromagnet ada energi yang dapat kita rasakan di bumi dan kita manfaatkan sumber dayanya
Tentu saja energi alternatif ini bisa dilakukan dengan mengubah energi panas surya matahari melalui peralatan tertentu menjadi sumber daya dalam bentuk lain, dikarenakan cahayanya sangatlah terang dan kuat.

وَجَعَلْنَا سِرَاجًا وَهَّاجًا
dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari),
QS78:An-Naba' | Ayat: 13
Perkembangan teknologi memungkinkan sel surya semakin ringan, mudah diangkut, dan lebih efisien. Ternyata, sel surya juga sanggup menyediakan energi listrik bersih tanpa polusi, mudah dipindah, dekat dengan pusat beban sehingga penyaluran energi sangat sederhana.
Sudah seharusnya sel surya ini mendapatkan perhatian khusus di Indonesia baru, sebab Indonesia yang merupakan daerah tropis dan di daerah katulistiwa mempunyai karakteristik angin yang kurang baik (sangat fluktuatif), sangat memungkinkan untuk dikembangkan energi matahari yang rata-rata mendapat cahaya matahari 6 jam setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar